Foto-foto Pengunjung Pasar Tanah Abang Membeludak 200 Persen dari Kapasitas, Tak Ada Jarak Lagi

Pusat grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, diserbu ribuan pengunjung pada Minggu (2/5/2021). Menjelang Lebaran 2021 ini, kepadatan sudah tampak di Jalan Jatibaru Raya dekat Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat di Jalan Jatibaru Raya dekat Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. Aparat mengambil tindakan penutupan Jalan Jatibaru Raya yang mengarah ke Pasar Tanah Abang agar kepadatan terurai.

Para pengunjung pun memadati sisi jalan yang tepat berada di bawah Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang. Mereka tampak lalu lalang sambil membawa plastik berisi pakaian yang mereka beli untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Mayoritas para pengunjung itu tak datang sendiri, mereka turut serta membawa kerabatnya.

Tampak para pengunjung berdesak desakan sehingga tak bisa menjaga jarak satu sama lain. Bahkan, tak sedikit terlihat pengunjung yang tak mengenakan masker dengan benar. Trotoar di sekitar Jalan Jatibaru, Tanah Abang pun mendadak berubah menjadi lapak dagangan.

Para pedagang terdengar berteriak demi menarik perhatian pengunjung yang datang. "Obral obral, yuk mari diskon, sayang anak, sayang anak," ucap seorang pedagang sambil berteriak. Sejumlah pejalan kaki yang mendengar teriakan itu pun mwndatangi lapak pedagang itu sehingga kerumunan tak bisa dihindari.

Lebihi 200 Persen Kapasitas Sekretaris DKI Jakarta Marullah Matali menyebut pengunjung di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Sabtu (1/5/2021) kemarin, hampir 200 persen dari kapasitas. Hal ini kemudian yang melandasi Pemerintah Provinsi DKI dan aparat gabungan TNI Polri perlu melakukan giat penegakan protokol kesehatan (prokes) Covid 19 di Tanah Abang sekitarnya.

"Informasi yang kami dapat dari Direktur Pasar Jaya bahwa kasus yang kemarin Sabtu saja sudah hampir 200 persen dari kapasitas Pasar Tanah Abang," kata Marullah dalam apel di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu. Marullah menyebut, banyaknya pengunjung di Pasar Tanah Abang kemarin membuat petugas, khususnya Satgas Covid 19, kewalahan. "Kendalanya banyak orang. Meskipun di pasar itu sebenarnya ada Gugus Tugas Covid 19, tetapi Gugus Tugas Covid 19 yang terpasang tidak seimbang dengan jumlah pengunjung," kata dia.

Secara terpisah, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi mengatakan, ada 1.000 personel dari aparat gabungan yang melakukan giat prokes di Tanah Abang dan sekitarnya pada hari ini. Nantinya, aparat akan dibagi di tiga titik, yakni di Pasar Tanah Abang, Thamrin City, dan Stasiun Pasar Tanah Abang. "Ada pembagian tugas, siapa berbuat apa, sudah kami laksanakan. Intinya agar tidak ada lagi kerumunan," tutur Hengki. Giat penegakan protokol kesehatan akan dilaksanakan pada pukul 13.30 WIB. Sebelumnya, aparat gabungan menggelar apel di Monumen Nasional.

Marullah mengatakan, apel ini dalam rangka penegakan protokol kesehatan di Tanah Abang dan sekitarnya. "Mulai hari ini sampai akhir bulan Ramadhan antisipasinya. (Hari ini) yang paling khusus di Pasar Tanah Abang, Thamrin City, dan Stasiun Pasar Tanah Abang," kata Marullah kepada wartawan. Marullah menyebut, giat ini merupakan hasil dari koordinasi singkat yang dilakukan pemerintah dan aparat gabungan kurang dari 24 jam.

"Kita kumpul di sini sama sama demi Jakarta, demi NKRI," kata Marullah. "Kami katakan bahwa kita perlu unjuk eksistensi kita di tengah masyarakat bahwa (kasus) Covid 19 masih serius dan masyarakat perlu diingatkan agar aware," imbuhnya. Dilansir Kompas TV, kerumunan terjadi di Pasar Tanah Abang, Sabtu kemarin. Warga berbondong bondong belanja jelang Hari Raya Idul Fitri.

Di beberapa spot tampak warga berkerumun. Bahkan pedagang dan pembeli banyak yang abai protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker.

Leave a Reply

Your email address will not be published.