Panduan Beli Mobil Baru Dengan Hemat

Mobil baru menjadi satu dari 2 pembelian terbesar kebanyakan orang setelah rumah. Jika Anda memutuskan untuk beli mobil baru, maka pastikan jika Anda menabung dengan secerdas mungkin.  Menabung seringkali merupakan ide bagus untuk keuangan Anda. Habiskan waktu sebanyak yang Anda bisa hemat sekarang sehingga Anda dapat meminjam lebih sedikit uang untuk ajukan kredit jika memang tidak bisa membeli secara tunai.

Meskipun menabung untuk mobil baru bisa terasa sangat sulit, namun Anda harus bisa melakukan ini untuk bisa dapatkan kendaraan yang diinginkan. Buatlah target yang terukur dan yakinlah jika Anda bisa menghemat anggaran. Berikut panduan membeli mobil baru dengan lebih menghemat anggaran.

Panduan Membeli Mobil Baru Dengan Hemat

1. Pertimbangkan Pilihan Membeli Mobil

Ada banyak cara untuk membayar mobil:

  • Beli langsung ke dealer
  • Mendapatkan pinjaman dari bank
  • Kredit melalui platform digital
  • Atau bahkan memilih untuk menyewa mobil daripada membeli.

Tapi, apa pun yang Anda pilih, memberikan DP yang lebih besar dapat memangkas biaya mobil Anda karena otomatis kredit yang diberikan menjadi lebih sedikit.

2. Hitung Berapa Banyak yang Harus Ditabung Setiap Bulan

Jika Anda masih melakukan pembayaran bulanan untuk rumah saat ini, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda bisa menabung juga untuk beli mobil. Tetapi mulai menabung bahkan dalam jumlah kecil sekarang sama halnya Anda akan dapat meminjam lebih sedikit uang di lain waktu, yang akan memotong pembayaran untuk mobil Anda berikutnya.

Semakin besar DPnya, maka Anda akan mengeluarkan sedikit lebih cicilan untuk mobil Anda. Nah, untuk mengumpulkan DP tersebut, maka  bersikaplah realistis dengan menetapkan target tabungan.

Adapun yang terbaik adalah menetapkan target pada jumlah yang Anda rasa nyaman untuk ditabung setiap bulan dan Anda selalu dapat menambah jumlahnya kapan pun Anda mampu.

3. Siapkan Transfer Otomatis

Siapkan pembayaran reguler (debit langsung) agar secara otomatis bank mentransfer sejumlah uang ke tabungan Anda setiap bulan.

Anda harus bisa mengalokasikan penghematan ini terutama untuk harga mobil yang mahal. Mungkin Anda sudah memiliki rekening bank online yang memungkinkan Anda mengatur pot terpisah untuk tujuan yang berbeda. Jika tidak, buka rekening tabungan baru yang terpisah.

Anda dapat memilih akun akses instan. Tetapi, jika Anda ingin membeli dalam waktu satu atau dua tahun, Anda juga dapat melihat akun yang membatasi penarikan untuk jangka waktu tertentu tetapi dapat menawarkan bunga yang lebih baik.

4. Tukar Tambah Atau Jual Mobil Lama Anda

Menjual  kendaraan Anda bisa membantu mendanai pembelian mobil Anda berikutnya. Seringkali merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan jumlah keseluruhan yang harus Anda bayar untuk kendaraan baru Anda.

Untuk mendapatkan uang paling banyak, Anda juga harus membandingkan apa yang akan ditawarkan dealer pada mobil incaran Anda. Teliti kemungkinan nilai mobil Anda di situs-situs internet untuk melihat apakah harganya sesuai.

Tapi berhati-hatilah dengan ekuitas negatif pada mobil Anda saat ini sebelum memutuskan untuk menjualnya. Ekuitas negatif berarti Anda berhutang lebih banyak pada pinjaman mobil daripada nilai mobil Anda.

Nah, merupakan ide yang baik untuk meneliti penjualan mobil sendiri ke pihak platform SEVA karena dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak uang dari penjualan dan tentu saja membeli mobil baru yang bagus.

Di SEVA, Anda bisa dapatkan mobil baru dengan kualitas terbaik. Ada fitur Instant Approvalnya yang bisa dimanfaatkan untuk sesuaikan anggaran dan skema pembayaran. Unduh SEVA untuk bisa temukan mobil terbaik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.